Web Analytics

19+ Aplikasi Emulator ROM Terbaik di Android Untuk Mengenang Masa Kecil

Mainkan game konsol klasik kesayangan Anda di Android dengan aplikasi Emulator ROM terbaik didaftar ini..

Jika Anda ingin merasakan kenikmatan bermain game retro, mengapa tidak sekalian saja membawanya ke mana pun Anda pergi?

Ada banyak emulator terbaik untuk Android (aplikasi emulator Android) yang memungkinkan Anda memainkan game klasik favorit di perangkat seluler Anda.

Seperti yang mungkin sudah banyak diketahui oleh sebagian besar orang, kita dapat menggunakan emulator ROM untuk memainkan game ROM di Android seolah-olah kita memiliki konsol game di tangan kita – pada dasarnya, hal ini membuat ponsel Anda seperti Nintendo atau konsol serupa lainnya.

Game emulator terbaik ini menghadirkan kembali game arkade klasik langsung di smartphone Anda. Yang terbaik dari semuanya, banyak emulator game ini dapat terhubung ke pengontrol permainan Bluetooth, daripada menggunakan tombol di layar.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Emulator ROM di Android?

Pertama-tama, Anda buka aplikasi Google Play dan mengunduh emulator khusus untuk konsol game klasik favorit Anda. Setelah Anda melakukannya, Anda harus mencari direktori ROM dan mengunduh game ROM retro yang Anda sukai.

BACA JUGA  10 Aplikasi Manga Terbaik di Android Untuk Pecinta Komik

ROM secara otomatis diunduh ke kartu SD atau memori internal Android Anda. ROM biasanya berformat file .zip atau format yang didukung lainnya seperti .smc (beberapa aplikasi emulator juga mendukung file zip secara langsung).

Jika tidak, Anda dapat menggunakan aplikasi manajer file yang baik untuk mengekstraknya. Setelah itu, Anda dapat memulai aplikasi emulator Anda dan di dalamnya menemukan folder ROM – kemungkinan besar berada di /download/, sdcard/download/ atau ext_sd/download/.

Di folder ini, Anda akan melihat opsi “Muat ROM”, dan yang perlu Anda lakukan sekarang adalah mengklik dua kali dan memulai permainan. Banyak emulator ROM juga memungkinkan Anda memindai penyimpanan perangkat dan menemukan file sumber daya permainan yang diperlukan.

Apa Saja Emulator ROM Terbaik Untuk Android?

Di bawah ini Anda akan menemukan 19+ emulator ROM terbaik di Android untuk menghidupkan kembali kenangan bermain game favorit Anda semasa kecil di mana pun Anda berada (sebagian besar aplikasi emulator ini gratis).

MAME4droid (0.139u1)

Emulator ROM terbaik untuk game arkade di Android
Harga: Gratis

MAME4droid (0.139u1) berasal dari pengembang populer, Seleuco. Ini adalah salah satu emulator arkade terbaik untuk memainkan lebih dari 8000 ROM berbeda. Aplikasi ini secara natif mendukung kotak TV Android seperti NVidia Shield dan perangkat tablet Android dengan kontrol mouse.

Selain itu, pengguna dapat mematikan kontrol sentuh dan menggunakan pengontrol permainan dengan kemampuan untuk menyesuaikan tombol perangkat keras dan tombol di aplikasi.

BACA JUGA  10 Aplikasi Penghapus Latar Belakang Terbaik untuk Android

Citra Emulator

Emulator Nintendo 3DS terbaik untuk Android
Harga: Gratis / $4.99

Citra adalah aplikasi emulator yang lebih baru untuk Android yang masih dalam versi akses awal. Anda dapat memainkan sebagian besar game Nintendo 3DS baik menggunakan kontrol di layar atau menggunakan pengontrol permainan eksternal.

Selain opsi dasar seperti menyimpan dan memuat status permainan, Anda juga dapat menikmati fitur 3DS default, termasuk mikrofon, kamera, dan kontrol gerak.

SuperRetro16

Aplikasi emulator SNES terbaik
Harga: Gratis dengan iklan / Menawarkan IAP

SuperRetro16 adalah salah satu emulator game yang bagus yang dapat menjalankan sebagian besar game SNES. Aplikasi ini dapat mendeteksi judul game dan menghasilkan gambar sampul untuk navigasi yang lebih mudah.

Ini adalah salah satu emulator terbaik yang dirancang dengan antarmuka pengguna yang bersih. Berbeda dengan emulator aplikasi Android lainnya, Anda mendapatkan dukungan streaming Chromecast dan Android TV untuk memainkan game di layar besar secara nirkabel.

Selain itu, aplikasi ini mendukung kode curang (cheat code), sinkronisasi Cloud untuk bermain game tanpa masalah di beberapa perangkat, dukungan pengontrol Bluetooth, pengedit tombol, dukungan mouse, dan kompatibilitas dengan banyak format file ROM dan terkompresi. Pemain bahkan dapat bermain dalam grup menggunakan multiplayer jaringan melalui Bluetooth atau Wi-Fi.

2600.emu

Harga: $2.99

Ketika Anda ingin memainkan game Atari 2600 favorit Anda, 2600.emu adalah yang Anda butuhkan. Ini adalah konsol virtual yang sangat bagus yang menawarkan kompatibilitas hampir 100%. Selain kecepatan yang baik dan suara yang jelas, ini memberi Anda pengalaman bermain game yang paling seru.

BACA JUGA  Anda Hobi Traveling? Berikut 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Tahun 2023 Untuk Smartphone

Ini bekerja dengan sempurna pada perangkat Android 3.0 ke atas. Emulator ini mendukung ROM, 7Zip, atau file ZIP dan RAR dan memungkinkan Anda menyimpan permainan saat bermain.

Pengontrol permainan Bluetooth/USB fisik dan keyboard juga dapat dikonfigurasi bersama dengan kontrol sentuh multi-touch di layar sehingga Anda dapat bermain dengan cara yang Anda inginkan! Satu-satunya hal buruk tentang 2600 ini adalah iklan yang muncul secara teratur.

Redream

Emulator Dreamcast terbaik untuk Android
Harga: Gratis / Menawarkan IAP

Redream adalah emulator Dreamcast populer yang memungkinkan Anda memainkan game Dreamcast dalam resolusi tinggi. Ini memiliki tingkat kompatibilitas yang tinggi dan dapat memainkan game dengan lancar tanpa membekukan layar. Ini juga menyediakan umpan balik haptic dan kontrol lainnya untuk gameplay yang menyenangkan.

Snes9x EX+

Emulator SNES terbaik untuk Android
Harga: Gratis

Jika Anda ingin bermain sesi singkat Super Mario World atau terjun ke salah satu judul Final Fantasy epik di SNES, SNES9x EX+ adalah tiket nostalgia Anda. Mendukung baik keyboard Bluetooth maupun pengontrol permainan, SNES9X EX+ memungkinkan Anda bermain dengan hingga lima pemain yang berbeda secara bersamaan.

Snes9x EX+ adalah emulator sumber terbuka yang menjalankan sebagian besar judul dengan lancar. Mudah digunakan tanpa iklan yang mengganggu, tidak ada kegagalan, dan mendukung aksesori perangkat keras.

BACA JUGA  10+ Aplikasi Bersepeda Dan Berkendara Terbaik Gratis Untuk Android

SuperPSX Plus

Emulator PlayStation Terbaik
Harga: Gratis dengan iklan

Seperti aplikasi emulator lainnya dalam daftar ini, SuperPSX Plus adalah salah satu yang terbaik untuk mengemulasi game PlayStation. Ini menyediakan kompatibilitas yang luar biasa, suara yang sangat bagus, dan kecepatan yang stabil.

Sebagai salah satu emulator PS One yang paling cepat dan kompatibel, ini hadir dengan definisi tinggi dan suara seperti pada perangkat PSX asli. Aplikasi ini mendukung cheat dan permainan berjaringan serta opsi multipemain (1-4 pemain). Anda dapat dengan mudah menyimpan dan memuat status permainan.

Lemuroid

Harga: Gratis

Lemuroid adalah aplikasi emulator gratis yang berbasis sumber terbuka (open-source) dan all-in-one yang didasarkan pada Libretro.

Anda dapat memainkan sebagian besar game konsol klasik populer, termasuk Atari 2600 – A26, NES, SNES, Game Boy (GB, Color, Advance), Sega (Master System, Genesis, Megadrive, Game Gear), Nintendo 64, Nintendo DS, PlayStation (PSX, Portable), dan lainnya. Yang terbaik dari semuanya, ini benar-benar gratis tanpa ada iklan.

NES.emu

Emulator NES Terbaik
Harga: $3.99

Jika Anda ingin merasakan nostalgia NES, NES.emu adalah pilihan terbaik. Mendukung emulator sistem Famicom Disk, dukungan VS UniSystem, dukungan Zapper/Gun, dan bahkan kemampuan untuk menggunakan pengontrol permainan Bluetooth/USB favorit Anda dengan perangkat Anda, Anda akan memainkan semua judul NES favorit Anda dalam waktu singkat.

BACA JUGA  Samsung S20 FE, Ponsel Samsung yang Menawarkan Warna Milenial

PPSSPP – Emulator PSP

Emulator PSP Terbaik untuk Android
Harga: Gratis

Banyak pengguna yang mengeluh tentang emulator PlayStation Portable untuk Android, dan dengan alasan yang baik – sebagian besar dari mereka tidak berjalan dengan baik. Hal ini berubah dengan hadirnya PPSSPP, yang mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu untuk menjadi emulator PlayStation terbaik di pasaran.

Ini memungkinkan Anda memainkan game homebrew gratis atau mentransfer yang disimpan dari konsol permainan PSP Anda. PPSSPP dibuat untuk ponsel Android yang kuat, dan jangan terkejut jika Anda mengalami beberapa kecepatan yang lambat jika Anda tidak memiliki smartphone modern.

DosBox Turbo

Harga: $2.49

Emulator ini sangat dioptimalkan untuk Android dan dilengkapi dengan dukungan Voodoo Graphics, Jaringan IPX, Perangkat PCI, dan dukungan Windows. Ini membutuhkan setidaknya 50+MB ruang penyimpanan dan minimal 256MB RAM untuk menjalankannya, tetapi jika Anda memiliki perangkat yang kuat, Anda dapat menjalankan game Windows 95 atau 98.

Aplikasi ini memungkinkan pengaturan kontrol yang sangat baik dan bekerja dengan keyboard/gamepad Bluetooth untuk menghadapi judul-judul yang lebih rumit.

RetroArch

Harga: Gratis

Jika Anda menginginkan emulator all-in-one, RetroArch dapat menjalankan game dari sebagian besar konsol genggam seperti Sega CD, Neo Geo Pocket Color, Virtual Boy, dan bahkan beberapa port DOOM tanpa Nintendo 64, Nintendo DS, dan Atari 2600. Ini adalah cara yang bagus untuk memiliki sebagian besar platform favorit Anda dalam satu aplikasi emulator Android.

BACA JUGA  10 Rekomendasi Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik

RetroArch menawarkan banyak sekali opsi penyesuaian, dengan berbagai plugin, kode cheat, overlay, dan input. Emulator ini juga memiliki fitur Play and Watch Games yang memungkinkan Anda memainkan sebuah permainan dan kemudian melihat rekaman video dari permainan tersebut.

Emulator ini gratis, tanpa iklan yang mengganggu. Kekurangan utamanya adalah Anda tidak dapat menggunakan perangkat keras eksternal.

DraStic DS Emulator Android

Harga: $4.99

Berbicara tentang Nintendo DS, jika Anda melewatkan game-game keren di Nintendo DS, Anda perlu mempertimbangkan DraStic DS Emulator. Dukungan untuk kontrol tambahan dan kontrol fisik dalam perangkat seperti Nvidia Shield membuat emulator ini menjadi emulator abad ke-21.

Sebagai salah satu item terbaik di pasaran, aplikasi emulator Nintendo DS ini sangat andal dan cepat. Anda dapat memainkan hampir semua game dengan kecepatan penuh, memberikan pengalaman yang nyata.

Bahkan, aplikasi ini memungkinkan Anda menyinkronkan game yang disimpan dalam akun Google Drive Anda, sehingga Anda dapat mengakses game yang disimpan di setiap perangkat yang Anda miliki.

Selain itu, Anda dapat mempercepat permainan dan mengatur tampilan layar DS agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memainkan game apa pun tanpa lag, dan Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan cheat jika diperlukan.

Dengan semua pilihan yang ditawarkan, terutama peningkatan grafis dan kemampuan memainkan setiap ROM tanpa kesalahan, emulator ini pasti layak untuk dibeli dan tidak hanya menggunakan versi gratisnya.

BACA JUGA  20 Aplikasi Edukasi Anak Terbaik - Untuk Balita Belajar & Menjelajahi Berbagai Hal

GBA Emulator & GBA.emu

Emulator GBA Terbaik untuk Android dan gba roms
Harga: Gratis/ $4.99

Anda tidak dapat menyebutkan emulator Game Boy/Game Boy Color tanpa menyebutkan emulator Game Boy Advance. MyGBA – Gameboid Emulator adalah aplikasi sederhana namun mudah digunakan yang memungkinkan Anda menyimpan status permainan di kartu SD Anda sambil menggunakan kontrol layar sentuh sederhana dari Game Boy/Game Boy Color.

Perhatikan bahwa Anda perlu menempatkan file ROM permainan sebelum Anda dapat memainkan permainan. Unduh ROM GBA (Gameboy Advance ROM) untuk Android di sini (tautan eksternal yang dapat ditemukan secara online, unduh dengan risiko Anda sendiri). Juga, lihatlah aplikasi emulator GBA Android favorit kami.

ClassicBoy Gold

Emulator n64 Terbaik untuk Android
Harga: Gratis/ $5.99

Ingin emulator N64 yang cepat? ClassicBoy Gold adalah pilihan utama yang memungkinkan Anda menyimpan permainan Anda di kartu SD Anda; ini adalah salah satu emulator Nintendo 64 yang paling bagus di Google Play.

Aplikasi emulator ini juga mendukung konsol populer lainnya, termasuk PlayStation 1, Nintendo 64, NES, sistem Game Boy, Sega Genesis, Sega CD, Game Gear, Sega Saturn, dan lain-lain. Pemain dapat menyimpan dan memuat status permainan, menggunakan pengontrol perangkat keras, dan mengatur pengaturan video dan audio.

MAME4droid

Harga: Gratis

Mungkin Anda ingin memainkan beberapa game arcade favorit dari masa lalu, tetapi Anda tidak memiliki akses ke mesin arcade yang dapat memainkan game-game tersebut. Jika demikian, pertimbangkan MAME4droid – sebuah emulator yang mendukung berbagai judul game arcade.

BACA JUGA  Cara Mengukur Tinggi Badan Dengan Android Tanpa Meteran

Dengan fitur yang memungkinkan penggunaan kontroler arcade eksternal seperti iON’s iCade dan iCP, serta Wiimote dari Nintendo Wii, MAME4droid memungkinkan Anda mengambil kendali penuh atas game arcade favorit Anda dengan cara yang baru.

MD.emu

Harga: $4.99

Sega telah memiliki waktu yang cukup lama untuk berkembang dan berubah selama bertahun-tahun, dan mereka benar-benar menawarkan banyak judul game sejak awal tahun-tahun itu. Tidak terlalu banyak emulator yang dapat menghadapi masalah tersebut, tetapi kami menemukan solusinya dalam aplikasi MD.emu.

Aplikasi ini cocok untuk Sega Genesis & Mega Drive, Sega CD, dan Master System/Mark III. Pada perangkat Android yang relatif baru, MD.emu akan menjalankan berbagai format (termasuk file zip).

Daftar fitur tambahannya sangat panjang, karena aplikasi ini menawarkan dukungan kontroler perangkat keras, kode cheat, dan fitur penyimpanan otomatis. Ini adalah aplikasi yang hebat untuk para penggemar Sega.

My Boy! GBA Emulator

Harga: Gratis

My Boy! adalah aplikasi emulasi Game Boy Advance berkualitas tinggi yang terbaik di pasaran dengan kualitas kompatibilitas yang solid. Ini adalah penyimpan daya baterai yang selalu baik untuk diketahui, dan menawarkan kemungkinan penyesuaian yang paling besar.

Aplikasi ini juga menyediakan dukungan kontroler IME, yang bagus karena kontrol perangkat keras untuk GBA jauh lebih baik daripada tombol di layar. My Boy! dilengkapi dengan beberapa fitur menarik (tidak diketahui oleh emulator yang bersaing), dan yang paling penting adalah emulasi kabel link.

BACA JUGA  6 Aplikasi Browser Android Paling Aman 2023

Dengan cara ini, My Boy! memungkinkan Anda untuk bermain melalui Bluetooth dengan pemain lain. Dan dengan versi lengkapnya, Anda dapat menghilangkan iklan yang mengganggu.

FPse for Android

Harga: $2.99

FPse dapat menjalankan game PlayStation 1 dengan resolusi tinggi melalui OpenGL. FPse akan membuat game klasik favorit Anda terlihat sangat memukau. Dukungan penyimpanan waktu nyata, umpan balik getaran, kontroler fisik, dan bahkan dukungan LAN sehingga Anda dapat bermain game multiplayer dengan dua perangkat yang berbeda, FPse akan membuat game PS1 favorit Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya.

GENPlusDroid

Harga: Gratis

Jika Anda ingin memainkan game Sega Genesis favorit Anda secara optimal, GENPlusDroid adalah emulator yang tepat untuk Anda. Seperti kebanyakan emulator lainnya dalam daftar ini, kontroler game USB/Bluetooth fisik didukung serta dukungan untuk dua pemain.

Terdapat lebih banyak aplikasi emulator rom untuk Android yang tersedia di luar sana, tetapi emulator-emulator terbaik untuk Android dalam daftar di atas akan memungkinkan Anda menghidupkan kembali kenangan masa kecil Anda di dalam saku Anda. Selamat menikmati!

Apa Saja Emulator ROM Yang Dapat Dijalankan di Android?

Tentu saja, aplikasi emulator hadir dengan berbagai spesifikasi dan desain, dan Anda harus memperhatikan semua detail agar dapat memainkan game dengan nyaman. Anda mungkin memiliki smartphone yang agak tua dengan kemampuan pemrosesan yang tidak terlalu solid, atau smartphone baru dengan daya baterai yang besar dan kekuatan pemrosesan yang tinggi.

BACA JUGA  10 Aplikasi Terbaik Untuk Menginstal OS Linux di Android

Dalam kedua kasus tersebut, Anda memiliki emulator yang lebih dari cukup untuk dipilih di pasaran. Jika Anda memiliki ponsel mewah, Anda dapat menjalankan aplikasi yang kompleks seperti Genesis atau N64, tetapi ingatlah bahwa hal tersebut akan menguras daya baterai Anda.

Emulator rom lain seperti MyGBA atau 2600.emu akan berjalan dengan baik di perangkat yang lebih rendah. Saya tidak akan membahas masalah legalitas aplikasi emulator karena itu adalah topik yang sulit untuk diselidiki dalam satu artikel ini, jadi berlaku gila dan masuk saja ke dunia aplikasi.

Bagaimanapun juga, seperti halnya ponsel kita menua dari tahun ke tahun, begitu pula game klasik. Sementara itu, beberapa game sudah menua dengan sangat buruk (misalnya: GoldenEye) sehingga saya tidak akan merekomendasikan Anda untuk memainkannya, sementara beberapa game lain masih sangat kuat dan menarik untuk dimainkan saat ini, seperti Super Mario.

Salah satu fitur penting lainnya dari emulator Android adalah kontrol yang kadang-kadang agak sulit karena mode layar sentuh menghalangi Anda untuk menunjukkan refleks cepat selama permainan aksi, jadi cobalah untuk menghindarinya kecuali jika Anda memiliki remote Wiimote.