Web Analytics

10 Rekomendasi Headphone Audiophile Terbaik

Headphone dengan fidelitas tinggi adalah hal yang memang sangat subjektif, namun ada beberapa model terbaik dalam hal reproduksi dan kejelasan suara yang dihasilkan.

Headphone untuk para audiophile pada umumnya lebih sederhana dalam hal fungsionalitas dibanding produk sejenis yang lebih murah.

Tetapi dari segi kualitas, kami yakin para penggemar musik sejati akan sangat menghargai kualitas premium dari headphone audiophile yang kami bahas dibawah ini, tentu saja semuanya sangat dihargai dan diakui oleh para ahli dan para profesional di seluruh dunia.

Berikut Daftar Rekomendasi Headphone Audiophile Terbaik 2021

1. Sennheiser HD 800 S

Sennheiser HD 800 S Headphone Audiophile Terbaik

Sennheiser HD 800 S (harga sekitar Rp. 28-30 juta) adalah tambahan yang layak untuk koleksi kelas atas apa pun. Berkat teknologi penyerapan inovatif mengisolasi pengalaman mendengarkan dan pada saat yang sama menekankan suara masing-masing instrumen, Sennheiser HD 800 S menawarkan pengalaman mendengarkan sirkumural yang komprehensif.

Fitur Utama

  • Konektor XLR 4-pin simetris
  • Desain datar
  • Reproduksi suara sangat presisi

2. Sony MDR-Z1R

Sony MDR-Z1R

Di jajaran high-end selanjutnya adalah brand produk yang sering diremehkan dibidang ini yaitu Sony MDR-Z1R (harga sekitar Rp. 20-25 juta), yang cup telinga besarnya hanya dilampaui oleh suara luar biasa. Terlepas dari apakah Anda paling menyukai bass, mid, atau treble, mereka merespons dengan baik untuk menyesuaikan dengan seluruh spektrum.

Fitur Utama

  • Transduser 70 milimeter
  • Housing berbahan full logam bebas resonansi
  • Memblok kebisingan dengan sangat baik

3. Beyerdynamic Amiron

Beyerdynamic Amiron

Beyerdynamic Amiron (harga sekitar RP. 7-8 juta) mungkin tidak mengesankan seperti para pesaingnya, tetapi mereka menawarkan soundscape yang detail dengan resolusi suara sangat tinggi. Jika Anda mencari opsi serbaguna dan mengesankan di berbagai frekuensi, headphone ini adalah pilihan yang tepat.

Fitur Utama

  • Nyaman dipakai bahkan dalam jangka waktu lama
  • Impedansi 250 ohm
  • Kontrol jarak jauh sebaris

4. Focal Clear

Focal Clear

Kumparan suara dengan impedansi 55 ohm dan sensitivitas 104 desibel memastikan bahwa Focal Clear (harga sekitar Rp. 20-25 juta) dapat mengeluarkan suara sangat keras bahkan tanpa memerlukan amplifier khusus. Bantalan telinga berventilasi membuat telinga tetap sejuk dan nyaman bahkan saat dipakai untuk waktu yang lama.

Fitur Utama

  • Mid dan high netral
  • Reproduksi bass diperluas
  • Untuk penggunaan simetris dan asimetris

5. Audeze LCD-X

Audeze LCD-X

Populer dikalangan perfeksionis audio, Audeze LCD-X (harga sekitar Rp. 19-24 juta) banyak digunakan oleh perekam dan kolektor definisi tinggi. Mereka menawarkan rentang frekuensi yang lebih luas dibanding hampir semua loudspeaker lain di pasaran, mulai dari infrasonik 5 Hertz hingga batas tertinggi pendengaran manusia.

Fitur Utama

  • Driver magnet planar 106mm
  • Suara luas dan ekspansif
  • Relatif berat

6. Austrian Audio Hi-X50

Austrian Audio Hi-X55

Austrian Audio Hi-X50 (harga sekitar Rp. 5 juta) dikembangkan untuk digunakan dalam produksi musik kontemporer, tetapi juga cocok untuk penggunaan kasual. Namun, kami peringatkan bahwa suara dentuman dan desisan sangat terdengar karena reproduksi suaranya sangat akurat.

Fitur Utama

  • Pita logam dan engsel
  • Konstruksi ringan
  • Soundstagenya agak terbatas

7. Meze 99 Classics

Meze 99 Classics

Meze 99 Classics (harga sekitar Rp. 3-5 juta) menurut kami secara sonik mengesankan dan secara estetika menyenangkan. Dilengkapi dengan kabel 3 meter dan 1,2 meter untuk penggunaan di rumah dan portabilitas, dan memberikan hasil yang menyenangkan dengan suara yang kaya dan cenderung mengarah ke ujung spektrum bass-berat.

Fitur Utama

  • Corak kayu kenari dibuat dengan baik
  • Komponen ramah perawatan
  • Ikat kepala tidak terbuat dari kulit asli

8. Audeze iSine20

Audeze iSine20

Mereka yang menganggap headset itu berat harus melihat Audeze iSine20 (harga sekitar Rp. 7-9 juta). Headphone ini memiliki desain in-ear inovatif yang secara signifikan tidak terlalu mengganggu dibandingkan model lain, membuatnya jauh lebih portabel dan berventilasi lebih baik.

Fitur Utama

  • Memungkinkan Anda bekerja di studio saat bepergian
  • Versi Lightning memiliki DAC bawaan
  • Menyediakan hampir tidak ada isolasi kebisingan

9. Focal Clear

Focal Clear M

Masih dengan Focal Clear hanya saja lebih murah, kubah berbentuk M dari Focal Clear buatan Prancis (harga sekitar Rp. 7-8 juta) terbuat dari komposit aluminium-magnesium yang memberikan respons cepat dan tepat serta panggung suara yang besar. Berkat bantalan telinga busa memori setebal satu inci, sangat nyaman dipakai.

Fitur Utama

  • Sangat jelas pada volume berapa pun
  • Cocok untuk input seimbang
  • Mungkin memerlukan beberapa waktu istirahat saat menggunakan

10. Beyerdynamic T1 Generasi ke-2

Beyerdynamic T1 Generasi ke-2

Beyerdynamic T1 2nd Generation (harga sekitar Rp. 12-15 juta) menggunakan transduser yang bekerja dengan efisiensi luar biasa dan menawarkan gambar suara yang lebar dengan transparansi luar biasa. Mereka dilengkapi dengan kabel jalinan yang dapat dilepas sepanjang 3 meter.

Fitur Utama

  • Impedansi 600 ohm
  • Dengan garansi 5 tahun
  • Membutuhkan amplifier kuat

Headphone Audiophile Untuk Studio

Meskipun ada banyak headphone modern di luar sana yang hadir dengan segudang fitur-fitur terbaru seperti, konektivitas bluetooth, remote control inline yang rumit, peredam bising dan equalizer, tetapi headphone audiophile sangat sederhana, bahkan masih tampil dengan model kabel. Mengapa? Karena headphone audiophile murni fokus pada kenyamanan dan kualitas suara.

Dalam hal ini, mereka tidak cocok digunakan untuk mendengarkan musik saat bepergian atau untuk pengalaman audiovisual mendalam, dan seringkali bahkan tidak untuk mendengarkan di studio, terutama jika mereka memiliki punggung terbuka, karena dalam hal ini kebocoran suara dapat menjadi masalah.

Maka kami memasukkan model yang dikhususkan untuk digunakan di studio, yaitu Austrian Audio Hi-X50. Merek yang relatif baru ini didirikan oleh mantan karyawan AKG, berhasil mengesankan pasar audio dengan produk berkualitas mereka dan Hi-X50 adalah yang terbaik dari jajaran produk mereka.

Kami juga menyukai Beyerdynamic Amiron, tidak seperti headphone referensi studio DT-100, produk ini dirancang murni untuk penggunaan santai. Ini mengesankan dengan suaranya yang mendetail, mencakup spektrum frekuensi yang melebihi jangkauan pendengaran kebanyakan telinga manusia.

Akhirnya, kami memasukkan Meze 99 Classics ke dalam daftar, yang tidak diragukan lagi merupakan salah satu headphone terindah yang pernah kami temui dalam berbagai pengujian kami.

Namun, peringkat ini terutama tentang kualitas audio dari produk yang dipilih, dan ini memberikan hasil yang sangat baik di kedua area. Kami menyukai fakta bahwa tidak ada lem yang digunakan dalam pembuatannya dan semua bagian dapat diservis, artinya Anda dapat menikmatinya selama bertahun-tahun dengan harga yang cukup terjangkau.

Satu-satunya kekurangan yang kami temukan pada Meze 99 Classics adalah meskipun dibuat dengan bahan berkualitas tinggi dan dengan metode konstruksi yang hebat, namun ikat kepala tidak dibuat dari bahan kulit asli seperti yang dilakukan beberapa produsen premium seperti Grado.

Cara Kerja Bagian Dalam Headphone Audiophile

Jika Anda melihat lebih dekat pada komponen yang membentuk sebagian besar headphone audiophile, Anda menemukan bahwa tidak banyak variabel yang dapat disesuaikan dari merek ke merek.

Sebuah sinyal diubah menjadi keadaan digital oleh kumparan tembaga padat magnet, yang menyebabkan membran bergetar, yang biasanya terbuat dari plastik, kain, atau kombinasi keduanya. Hal-hal yang cukup sederhana.

Lalu apa yang membuat sepasang headphone jauh lebih mahal atau terdengar jauh lebih baik dari yang lain?

Terkadang rasanya seperti membedakan dua kaleng Pepsi dan Cola. Tentu, keduanya berbeda, tetapi keduanya hanyalah air gula berkarbonasi biasa. Apakah salah satunya benar-benar lebih baik dari yang lain?

Titik utama dari konversi sinyal adalah kumparan kawat magnet, kualitas medan magnet sama pentingnya dengan komponen lainnya.

Banyak headphone berkualitas lebih tinggi menggunakan magnet neodymium, yang disebut-sebut sebagai magnet permanen terkuat yang tersedia di pasaran, tetapi ini juga memiliki takaran kualitasnya sendiri.

Diameter speaker utama dan ukuran serta bentuk daun telinga memainkan peran penting dalam kualitas suara dan reproduksi bass. Secara umum, semakin kecil kedua hal ini, semakin kecil kemungkinan Anda mendapatkan bass yang dalam.

Tweaking atau Tidak tweaking

Saya harap selera musik Anda bervariasi. Saya sangat berharap begitu. Apa yang kita dengar mengatakan banyak hal tentang siapa kita, dan semakin banyak gaya musik yang kita dengarkan dengan pikiran terbuka, semakin kita akan menemukan yang kita sukai. Itu membuat kita menjadi orang yang menarik dan serba bisa. Saya pikir ini tidak bisa dihindari.

Selera musik yang beragam kemungkinan juga akan membuat Anda lebih terbiasa dengan pengaturan equalizer di mobil, ponsel, dan komputer Anda. Lagu Carter Family (sebuah grup musik tradisional Amerika exist antara tahun 1927 dan 1956) akan terdengar sangat aneh dengan pengaturan equalizer Anda untuk memaksimalkan pengalaman dubstep Anda.

Setiap gaya musik memiliki kontrol nadanya sendiri, dan mengetahui untuk apa headphone baru Anda dirancang dapat membantu Anda mengetahui cara menyesuaikan equalizer untuk mendapatkan suara terbaik dari lagu favorit Anda.

Jika Anda menemukan bahwa headphone bass rendah menekan nada menengah dan nada tinggi yang sangat penting dari klasik favorit Anda, Anda dapat memotong frekuensi rendah atau meningkatkan nada menengah dan tinggi sesuai keinginan Anda.

Ini adalah kasus dengan sejumlah besar headphone yang telah diproduksi untuk pengguna audiophile selama dekade terakhir. Munculnya Beats oleh Dr. Dre memiliki banyak kaitan dengan tren ini karena headphone ini memasuki pasar dan memberi tahu pasar bahwa mereka membutuhkan bass sebanyak mungkin, baik mereka mengetahuinya atau tidak.

Butuh beberapa waktu bagi produsen-produsen untuk melawan raksasa audio dengan huruf kecil “b”, tetapi perusahaan audio kelas atas (high-end) seperti AKG dan V-Moda kini berani memangkas output bass mereka demi suara yang lebih jernih dan seimbang.

Jika Anda hanya mendengarkan pop modern, hip-hop, dan R&B, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengorbankan mid demi bass menggelegar dan suara jernih. Namun, sebagian besar gaya musik lain bekerja lebih sempurna dengan perangkat yang tidak terlalu fokus pada bass artifisial.