Web Analytics

iPhone Nyala Tapi Layar Hitam? Begini Cara Mengatasinya

Newslinn.com – IPhone Anda menyala, tetapi layarnya hitam. Panggilan masuk berdering, tetapi Anda tidak dapat menjawabnya. Anda sudah mencoba melakukan soft reset, baterainya habis dan dicolokkan kembali, dan hasilnya sama saja layar iPhone Anda masih hitam.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan mengapa layar iPhone menjadi hitam dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Mengapa Layar iPhone Saya Hitam?

Layar hitam biasanya disebabkan oleh masalah pada iPhone sehingga biasanya tidak ada perbaikan cepat untuk hal ini.

BACA JUGA  iPhone Tidak Bisa Memutar Video Youtube? Begini Cara Mengatasinya

Namun, kerusakan pada perangkat lunak (software crash) juga dapat menyebabkan layar membeku dan menjadi hitam jadi mari kita coba solusi tercepat yaitu hard reset (factory reset) untuk melihat apakah memang ini yang terjadi.

Cara Mengatasi iPhone Nyala Tapi Layar Hitam

Untuk melakukan hard reset iPhone 4 hingga 6s, tekan dan tahan tombol Power (juga dikenal sebagai tombol Sleep / Wake) dan tombol Home (tombol melingkar di bagian bawah layar) bersamaan setidaknya selama 10 detik.

Untuk iPhone 7 atau 7 Plus, Anda melakukan hard reset dengan menekan dan menahan tombol Volume Turun dan Power secara bersamaan hingga logo Apple muncul di layar.

BACA JUGA  Update iOS 15.2.1 Menutup Celah Kritis Di HomeKit - Instal Sekarang Juga

Dan jika Anda memiliki iPhone 8 atau lebih baru, lakukan hard reset dengan cepat menekan dan melepaskan tombol Volume Naik, lalu cepat tekan dan lepaskan tombol Volume Turun, lalu tekan dan tahan tombol Daya (iPhone 8) atau tombol Samping (iPhone X) atau lebih baru) hingga logo Apple muncul.

Klik Disini Jika Anda Ingin Menonton Tutorial Cara Reset-nya

Selesai..

Jika logo Apple muncul di layar, Selamat! iPhone Anda mungkin tidak bermasalah – itu adalah kerusakan perangkat lunak saja.

Penyebab iPhone Nyala tapi Layar Hitam

Tur singkat dibagian dalam iPhone dibawah ini akan membantu Anda memahami mengapa layar Anda freeze atau tampak hitam. Ada dua jenis perangkat yang akan kita bicarakan: Display (layar LCD) dan Logic Board.

BACA JUGA  Baterai iPhone 6 Cepat Habis? Begini Cara Memeriksa Penggunaan Baterai di iOS 8

Logic board adalah otak di balik pengoperasian, dan setiap bagian iPhone berkomunikasi dengannya. Layar menunjukkan gambar yang dilihatnya, tetapi Logic board memberi tahu apa yang harus ditampilkan.

Seluruh layar lcd dapat dilepas, tetapi ini lebih rumit dari yang Anda kira! Ada empat komponen utama yang disertakan dalam layar:

  1. Layar LCD, yang menampilkan gambar yang Anda lihat.
  2. Digitizer, bagian layar yang menangani sentuhan. Ini yang mendeteksi jari Anda, yang berarti mengubah sentuhan jari Anda menjadi bahasa digital yang dapat dipahami sistem operasi.
  3. Kamera depan.
  4. Tombol home.
BACA JUGA  iPhone is Disabled, Connect to iTunes. Jangan Panik! Ini Solusinya

Setiap komponen layar lcd memiliki konektor terpisah yang terhubung ke logic board. Itulah mengapa Anda mungkin dapat menggulir layar dengan jari Anda, meskipun layarnya hitam. Digitizer berfungsi, tetapi LCD tidak.

Dalam banyak kasus, layar iPhone berwarna hitam karena kabel yang menghubungkan layar LCD ke logic board telah terlepas. Kabel ini disebut konektor data display. Saat konektor data layar dikeluarkan dari logic board, iPhone Anda dapat diperbaiki dengan mencolokkannya kembali.

Ada contoh lain ketika perbaikannya tidak sesederhana yang disebutkan diatas, yaitu ketika layar LCD itu sendiri rusak. Ketika ini terjadi, tidak masalah apakah kabel LCD terhubung ke logic board atau tidak – artinya LCD tidak berfungsi dan solusinya hanya satu, ganti LCD.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di iPhone? Gampang! Begini Caranya

Bagaimana Cara Memastikan LCD Saya Memang Rusak atau Kabelnya Tercabut?

Saya telah memperhatikan pola dalam pengalaman saya bekerja dengan iPhone. Ini memang tidak pasti benar, tetapi aturan praktis saya untuk mengetahuinya adalah:

  1. Jika layar berhenti berfungsi setelah Anda menjatuhkannya, maka layar Anda mungkin hitam karena kabel LCD (Konektor Data Layar) telah terlepas dari logic board.
  2. Jika layar berhenti berfungsi setelah kena air dan basah, mungkin layar Anda menjadi hitam karena layar LCD rusak terkena air dan wajib diganti.

Cara Memperbaiki iPhone Nyala tapi Layar Hitam

Metode yang Anda pilih untuk melanjutkan mungkin tergantung pada apakah kabel LCD telah tercabut dari logic board atau jika layar LCD rusak. Anda dapat menggunakan Aturan yang Saya sebutkan diatas untuk menebak dengan cerdas.

BACA JUGA  Mengapa iPhone Meminta ID Apple Orang Lain? Jangan Panik, Ini Solusinya

Jika kabel LCD tercabut dari logic board, Genius Bar atau Apple Store dapat memperbaikinya secara gratis, meskipun tidak dalam masa garansi.

Itu karena perbaikannya relatif sederhana: mereka akan membuka kunci dan menyambungkan kembali kabel digitizer ke logic board. Jika Anda memutuskan untuk mengambil rute ini, buatlah janji dengan Genius Bar sebelum Anda kesana – jika tidak, Anda mungkin akan antri untuk beberapa waktu.

Jika layar LCD pecah, itu cerita lain. Memperbaiki layar lcd perangkat elektronik apapun bisa sangat mahal, terutama jika Anda menggunakan Apple.

BACA JUGA  Iphone 5c Kini Masuk Dalam Jajaran Perangkat “Antik” Dengan Dukungan Terbatas

Jika Anda lebih memilih membeli iPhone baru daripada memperbaikinya, lihat perbandingan harga pasaran di situs yang ada di Internet saat ini.

Anda dapat membandingkan harga setiap smartphone terbaru dan mencari event diskon yang masih berlaku.

Lakukan perhitungan dengan baik, bisa jadi Anda bisa mendapatkan yang baru dengan biaya yang kira-kira sama dengan biaya memperbaikinya saat ini.

Mau Memperbaiki Sendiri Tanpa Teknisi? Bukan Ide Yang Bagus

Sekrup iPhone berbentuk bintang (pentalobe) menjaga setiap kepingnya tetap tertutup rapat.

Pengguna tidak seharusnya membuka kunci iPhone. Lihat saja dua sekrup di sebelah port pengisian daya iPhone – mereka berbentuk bintang!

BACA JUGA  Kabel Charger iPhone Panas, Bisa Bikin Rusak Atau Tidak?

Namun, ada panduan perbaikan yang sangat baik jika Anda ingin mencari pengalaman. Gambar-gambar dalam artikel ini diambil dari panduan perbaikan di iFixit.com dengan judul Penggantian Panel Depan untuk iPhone 6 (Inggris). Berikut kutipan singkat dari artikel tersebut yang mungkin terdengar tidak asing:

Saat Anda memasang kembali ponsel Anda, kabel data display mungkin terputus dari konektornya. Hal ini dapat menyebabkan garis putih atau layar kosong saat Anda menghidupkan ulang ponsel. Jika ini terjadi, cukup sambungkan kembali kabel dan hidupkan ponsel Anda.sumber: ifixit.com.

Jika menurut Anda masalahnya adalah kabel LCD iPhone (kabel data tampilan) baru saja tercabut dari logic board, maka Anda orang yang ahli dalam teknologi, pergi ke Apple Store tidak ada dalam kamus Anda, dan menyambungkan kembali kabel data layar ke logic board tidaklah sulit, jika Anda memiliki alat yang tepat.

BACA JUGA  Review Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 Dibanding Seri Sebelumnya

Maka Anda boleh mencoba panduan yang saya sebutkan diatas.

Namun bagi yang awam, penggantian layar LCD cukup rumit karena banyaknya komponen yang terlibat.

Biar saya perjelas: Saya tidak menyarankan Anda untuk mencoba memperbaiki masalah ini sendiri, karena komponen-komponen kecil dalam iPhone Anda itu sangat mudah rusak dan mudah patah.

Kini Anda Tahu Apa Yang Perlu Anda Lakukan

Sebagian besar pembaca kami tidak akan dapat memperbaiki layar iPhone hanya dengan membaca artikel ini, karena iPhone nyala tapi layar hitam biasanya tidak disebabkan oleh masalah perangkat lunak atau software crash.

BACA JUGA  Anda Hobi Traveling? Berikut 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Tahun 2023 Untuk Smartphone

Tetapi jika Anda menghadapi masalah ini lagi, tidak perlu khawatir karena kini Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Setidaknya Anda tidak harus terburu-buru berangkat ke Apple Store atau Genius Bar bukan? 😉