Web Analytics

Terbaru, Fitur Google Untuk Pencarian Melalui Nada Suara

Pernahkah punya keinginan untuk mencari sebuah lagu namun lupa judul dan liriknya? Mungkin dialami oleh hampir semua orang karena banyak hal. Bisa karena lagu tersebut sudah lama atau karena tidak terkenal. Namun pada saat tertentu sangat ingin mendengarkannya karena memiliki nada indah dan lirik bermakna.

Baru-baru ini Google telah menyediakan fitur pencarian baru untuk membantu setiap orang mengatasi hal tersebut. Biasanya seseorang akan mencari sebuah lagu atau musik dari judul serta penyanyinya. Ketika judul dan penyanyinya lupa maka hanya perlu menuliskan beberapa lirik untuk di cari padanan dari musik tersebut.

BACA JUGA  11 Rekomendasi Headset VR Terbaik Untuk Smartphone Tahun 2023

Namun, fitur baru bernama “Hum to Search” ini memberikan sensasi baru. Pengguna tidak perlu lagi repot menuliskan judul atau nama penyanyinya. Hanya perlu bersenandung sesuai irama musik tersebut. Bahkan jika hanya bersenandung tanpa mengeluarkan lirik, Google akan mencarikan kecocokan dengan semua musik yang ada.

Fitur Hum to Search

Seperti namanya, fitur ini memberikan kemudahan kepada setiap orang ketika ingin mencari sebuah musik. Hanya perlu menyuarakan nada yang mirip dengan lagu tersebut maka Google akan segera mencarinya. Tentu saja setiap pengguna perlu bersenandung selama 10 hingga 15 detik supaya pencarian bisa lebih akurat.

BACA JUGA  Lagi Tren Bikin Receiptify dari Spotify, Begini Caranya

Untuk menggunakan fitur ini, maka setiap orang hanya perlu mengucapkan “OK Google, What is this song?”. Kemudian mulai keluarkan nada dengan bersenandung sesuai musik yang dicari. Ulangi jika Google belum menemukan lagu tersebut karena mungkin saja ada nada yang kurang spesifik sehingga tidak bisa ditemukan.

Teknologi Machine Learning

Fitur tersebut di dukung dengan adanya teknologi terbaru bernama machine learning. Teknologi ini memungkinkan mesin pencarian melakukan deteksi nada oleh pengguna. Kemudian melakukan kecocokan paling tinggi pada semua daftar lagu atau musik. Kecocokan paling tinggi akan muncul pada hasil pencarian dan pengguna bisa mendengarkan.

BACA JUGA  BTS Akan Debut di Game Fortnite untuk Rilis MV ‘Dynamite’

Dengan adanya fitur baru ini, maka pengguna bisa leluasa ketika ingin mencari sebuah judul musik. Waktu pengguna juga bisa lebih cepat dipakai karena menggunakan suara untuk pencarian. Cara seperti ini bisa memperbesar kemungkinan pencarian sebuah judul lagu dengan kecocokan paling tinggi serta akurat.